Beranda Pilkada Ini Solusi Pelayanan Publik di Lamsel Menurut Cawabup Antoni Imam

Ini Solusi Pelayanan Publik di Lamsel Menurut Cawabup Antoni Imam

3
0
BERBAGI

NATAR–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan, menggelar debat publik kedua untuk pasangan Calon wakil bupati (Cawabup) Lampung Selatan yang dihelat di Hotel Radin Inten Candimas, Kecamatan Natar, Rabu (11/11/2020) malam.

Debat publik yang mengangkat tema “Meningkatkan Pelayanan dan Menyelesaikan Persoalan Daerah” ini, KPU Lampung Selatan menghadirkan tiga panelis dari Unila dan moderator Erina Pane, akademisi UIN Lampung.

Dalam debat publik kedua tersebut, menghadirkan para kandidat Cawabup Lampung Selatan yakni Pandu Kusuma Dewangsa, Antoni Imam, dan Melin Haryani.

Cawabup Lamsel nomor urut 2, Antoni Imam yang merupakan politisi PKS dalam debat publik tersebut secara gamblang dan lugas memaparkan visi misi dan program kerja Tony-Antoni sesuai dengan tema yang diminta oleh KPU Lampung Selatan.

Dia mengatakan, ada 7 program kerja unggulan Cabup-Cawabip Tony-Antoni untuk menjadikan Kabupaten Lampung Selatan menjadi Kabupaten termaju di Provinsi Lampung, sejahtera, berjaya dan bebas dari korupsi.

“Jangan ada lagi masyarakat Lamsel tidak mampu berobat karena tidak punya biaya. Kami Tony-Antoni akan memberikan berobat gratis, satu unit ambulans setiap desa serta pendidikan gratis,”ujarnya kepada teraslampung.com, Kamis (12/11/2020).

Selain itu juga, lanjut politisi PKS ini, tidak boleh ada lagi masyarakat usia produktif menganggur bingung mencari lapangan pekerjaan. Tony-Antoni, akan menciptakan 200 ribu lapangan kerja baru dan memberikan hibah langsung bagi kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 250 juta setiap desa per tahunnya.

“Tidak hanya itu saja, masyarakat tidak ada lagi kesulitan mengurus pembuatan KK, KTP, Akta Kelahiran, PBB dan lainnya. Kami Tony-Antoni akan menyediakan pelayanan masyarakat tersebut di setiap Kecamatan,”bebernya.

Visi misi dan program kerja tersebut, kata Mas Anton sapaan akrabnya, akan diwujudkan pada tahun pertama Tony-Antoni menjabat.

Tidak hanya itu saja, dalam debat publik kedua tersebut, Ia juga memberikan data dan masukan kepada kandidat Cawabup Lamsel lainnya yakni tentang tingginya penduduk miskin di Lampung Selatan yang mencapai sekitar 14,31 persen.

Antoni Imam mengutarakan, selain dalam debat publik kedua tersebut, ia selalu menyampaikan visi misi serta sejumlah program unggulan Tony-Antoni lainnya dalam setiap kampanyenya di sejumlah daerah di Lamsel. Salah satunya adalah program berobat gratis.

Program berobat gratis ini, lanjut dia, syaratnya gampang dan mudah sekali, warga hanya cukup menunjukkan identitas KTP domisili Lamsel. Berobat gratis ini tidak hanya di RS Bob Bazar saja, melainkan di Rumah Sakit rujukan.

“Insya Allah Tony-Antoni menang, semua warga Lamsel bisa berobat gratis tanpa dipungut biaya apapun. Tidak hanya itu saja, jika ada warga yang angsuran BPJS nya nunggak masih tetap bisa mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit,”ungkap politisi PKS yang sering blusukan ke daerah-daerah menemui masyarakat ini.

Kenapa Tony-Antoni memiliki komitmen dengan program berobat gratis, karena selama dirinya menjadi anggota DPRD dari Fraksi PKS seringkali mendapat banyak keluhan dan aspirasi dari masyarakat masalah kesehatan.

Selain masalah kesehatan, kata Mas Anton, masalah pendidikan juga menjadi salah satu perhatian Tony-Natoni. Dimana nantinya, seluruh kegiatan belajar mengajar akan didanai APBD dan juga bisa gratis.

“Warga tidak boleh lagi ada yang tidak mampu tidak bisa sekolah masalah biaya, Tony-Antoni akan memberikan pendidikan gratis dan beasiswa gratis sampai jenjang perguruan tinggi melalui APBD,”terangnya.

Selain itu, program unggulan Tony-Antoni lainnya yakni meningkatkan tunjangan atau insentif bagi tenaga pelayanan kepada masyarakat, guru honorer, tenaga kesehatan dan lainnya.

Jika Tony-Antoni menang, program unggulan lainnya yang digulirkan akan memberikan pelatihan khusus bagi ibu-ibu agar bisa menompang ekonomi keluarga atau membantu suaminya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sebagai tahap pertama, akan dibentuk satu desa 10 kelompok UMKM. Satu kelompok terdiri dari 20 anggota, dan setiap kelompok akan diberikan dana hibah sebesar Rp 25 juta,”pungkasnya.

Diketahui, Antoni Imam yang berpasangan dengan Tony Eka Candra sebagai Calon bupati (Cabup) dan Calon wakil bupati (Cawabup) Lamsel atau dikenal pasangan Tony-Antoni dengan nomor urut 2 ini, diusung Parpol Golkar, PKS, dan Demokrat.

Sumber: teraslampung.com